Visi MTs TTQ Cilacap
Visi Madrasah adalah imajinasi moral yang dijadikan dasar atau rujukan dalam menentukan tujuan atau keadaan masa depan Madrasah yang secara khusus diharapkan oleh Madrasah. Visi Madrasah merupakan turunan dari Visi Kementerian Agama, yang dijadikan dasar atau rujukan untuk merumuskan Misi, Tujuan sasaran untuk pengembangan Madrasah dimasa depan yang diimpikan dan terus terjaga kelangsungan hidup dan perkembangannya.
Adapun visi Madrasah:
“TERWUJUDNYA INSAN BERKARAKTER, BERPRESTASI TERAMPIL DAN BERAKHLAK MULIA”
Misi MTs TTQ Cilacap
Dalam upaya mewujudkan visi tersebut di atas, Misi MTs TTQ Cilacap adalah sebagai berikut:
- Menumbuhkan penghayatan dan pengamalan ajaran agama islam sehingga menjadi peserta didik yang berpola pikir ,bertutur kata, bersikap dan berperilaku yang islami.
- Melaksanakan pembelajaran secara efektif yang membuat siswa mengembangkan potensi kompetensinya.
- Mendorong warga sekolah untuk mengembangkan diri secara progresif dan optimal.
- Mengembangkan kebiasaan dan perilaku dan akhlak mulia.
- Berkoordinasi secara aktif dan efektif di antara siswa, orang tua, dan masyarakat untuk mendapatkan tujuan pendidikan.
Tujuan Madrasah
- Perolehan Nilai Ujian Nasional rata-rata naik memenuhi standar kelulusan
- Memiliki kegiatan ekstra kurikuler yang maju dan berprestasi disegala bidang
- Terwujudnya disiplin yang tinggi dari seluruh warga Madrasah.
- Terwujudanya suasana pergaulan sehari-hari yang berlandaskan keimanan dan ketaqwaan.
- Terwujudnya manajemen Madrasah yang transparan dan partisipatif, melibatkan seluruh warga Madrasah dan kelompok kepentingan yang terkait.
- Terwujudnya lingkungan Madrasah yang bersih, indah, resik dan asri.
Rencana Strategis
- Sasaran Madrasah pada tahun pelajaran 2019/2020 sebagai berikut ;
- Madrasah memiliki standar kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) / Kurikulum 2013 sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan
- Madrasah memiliki perangkat pembelajaran lengkap yang meliputi kalender pendidikan, program tahunan, program semester, silabus, dan lain lain, untuk semua tingkat kelas
- PAKEM mampu dilaksanakan dan dirasakan manfaat oleh warga Belajar
- Madrasah mampu mengembangkan strategi penilaian
- Madrasah memiliki standar pengembangan bahan dan sumber pembelajaran
- Madrasah memiliki model pembelajaran bagi siswa berprestasi dan siswa yang menghadapi kesulitan belajar
- Madrasah dapat meningkatkan profesionalisme dalam kinerja sebagai tenaga edukatif
- Pencapaian hasil rata-rata Nilai Ujian Nasional minimal memenuhi standar kelulusan
- Madrasah mampu meningkatkan kedisiplinan siswa.
- Madrasah mampu mengembangkan prestasi non akademik siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler.
- Madrasah mampu mengembangkan kompetensi kepala Madrasah, guru dan karyawan Madrasah, sesuai dengan tugas dan keahliannya
- Madrasah mampu mengembangkan system monitoring dan evaluasi kinerja ketenagaan
- Madrasah mampu mengoptimalkan penggalangan dana dari orangtua/ wali siswa
- Madrasah mampu memberdayakan fasilitas dan potensi Madrasah
- Madrasah mampu mengadakan dan merawat perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium IPA, UKS, dapur dan lapangan olah raga .
- Madrasah mampu mengadakan dan menginventarisir sarana pendidikan
- Madrasah mampu memenuhi/ melengkapi kebutuhan media pembelajaran
- Madrasah mampu menciptakan/mengembangkan kondisi lingkungan Madrasah yang aman nyaman dan menyenangkan
- Madrasah memiliki pengembangan administrasi Madrasah
- Madrasah mampu mencapai SPM (Standar Pelayanan Minimal)