KURIKULUM

Ruang Lingkup Kurikulum
Adapun ruang lingkup kurikulum meliputi :
a.      Konsep kurikulum

Kurikulum adalah sesuatu yang direncanakan sebagai pegangan guna mencapai tujuan pendidikan.
b.     Fungsi kurikulum

1).    Fungsi kurikulum dalam rangka mencapai tujuan pendidikan.

2).    Fungsi kurikulum bagi anak yaitu sebagai organisasi belajar tersusun yang disiapkan untuk siswa sebagai salah satu konsumsi bagi pendidikan mereka.

3).    Fungsi kurikulum bagi guru ada tiga macam yaitu :

a).  Sebagai pedoman dalam menyusun dan mengorganisir pengalaman belajar bagi anak didik.

b).  Sebagai pedoman untuk mengadakan evaluasi terhadap perkembangan anak.

c).    Sebagai pedoman dalam mengatur kegiatan pendidikan dan pengajaran.
4).    Fungsi kurikulum bagi kepala sekolah dan pembinaan sekolah yaitu sebagai pedoman dalam mengadakan fungsi supervisi, mengembangkan kurikulum lebih lanjut, sebagai pedoman untuk mengadakan evaluasi kemajuan belajar mengajar.

5).   Fungsi kurikulum bagi orang tua murid adalah dapat turut serta membantu usaha sekolah dalam memajukan putra-putrinya.
c.      Komponen kurikulumAdapun komponen kurikulum terdiri dari  :

1).    Tujuan.

2).    Bahan pelajaran.

3).    Proses belajar mengajar.

4).    Evaluasi dan penilaian.
d.     Pengembangan kurikulumPengembangan kurikulum adalah kegiatan yang mengacu untuk menghasilkan kurikulum baru
e.      Landasan-landasan pengembangan kurikulumDalam pengembangan kurikulum harus berpijak pada landasan-landasan yang kuat dan kokoh, karena landasan kurikulum dapat menjadi itik tolak.Adapun landasan-landasan pengembangan kurikulum meliputi :

1).    Landasan filosofis.

2).    Landasan sosial budaya.

3).    Landasan psikologis.

4).    Landasan organisatoris.