Sesi tanya jawab Bimtek Penyusunan İnstrumen AM. Hari ke 3, 22 Feb 2023
Apakah semua KD bisa dibuatkan stimulusnya?
Tergantung bapak ibu, ada stimulus lebih baik, kalo untuk mengetahui /feedback pemahaman siswa , bisa langsung pertanyaan. Apakah bapak ibu sudah terbiasa mmbuat stimulus.
Seharusnya semua KD bisa dibuat stimulus, stimulus harus kontekstual, hanya kita perlu pembiasaan. Apakah stimulus bisa diliterasikan. Apakah bapak ibu bisa mmbuat literasi sbg stimulus soal. Jika blm bisa mmbuat stimulus soal, belajar.
KKO kata kerja operasional. Apa boleh level kognitif naik atau turun dari kisi-kisi?
Pendapat brbeda beda. Ada yg berpendapat bahwa KD KD itu capaian maksimal. Sehingga bisa turun level kognitifnya.
Pendapat kedua bahwa KD KD itu adalah capaian minimal. Sehingga tidak boleh soal turun level kognitif.
KD itu rambu rambu…bukan leterlek. Semua diserahkan kepada ruang kelas masing2.
Bagaimana cara membuat stimulus yg efektif, merangsang jawaban benar dari siswa.?
Rajin membaca dulu bapak ibu, baru bisa membuat stimulus soal.
Oh di berita yg mana…yg bisa dibuat stimulus soal tertentu.
Misalnya berita ttg covid .bisa jadi stimulus soal…ini .
Semua by proses. Yg efektif adalah tulisannya yg singkat singkat. Bahasa yg disukai anak anak. Sehingga anak anak senang. Bukan pengetahuan yg menjelimet.
Tes tulis ada PG, PG komplek , menjodohkan, benar salah, isian, essay, dll, apakah ada presentasi jenis jenis tes tulis tersebut dalam soal AM?
Presentasi tidak ditetapkan.
Kementerian mendorong untuk membuat berbagai jenis soal. Yg berbagai jenis soal tes tulis. Jangan hanya PG dan esaay saja. Silahkan digunakan berbagai jenis soal tes tulis.semua diaerahkan kepada masing-masing madrasah.
Karena kementerian tidak faham kemampuan guru dalam menyusun soal dan kemampuan siswa. Jgn sampai kita tidak fair…
Kalau pengetahuan dasarnya atau kemampuan dasarnya belum kita cek, kemudian kita langsung membuat soal literasi.
Bgmn kontekstual kekiniannya. Soal literasi. Kita harus mulai banyak membaca, terus ..yg dibaca mana? Bapak ibu setiap ada berita…baca…misalnya penyakit kaki gajah…atau ttg pewarnaan tidak layak untuk bahan makanan. Ada byaak berita berita yg bisa disederhanakan.
Bapak ibu yg tahu…
Berapa prosentasi soal Mudah sedang dan sulit?
Idealnya
Patokanya
1:2:1
Low order thinking : Middle order thingking : High order thinking
Boleh juga 2:3:1
Tapi yang ideal perbandingannya antara soal mudah sedang sulit adalah 1:2:1
Bagaimana soal untuk tingkat MI? Jenis AM ini berarti jenis sumatif ya?
Ya, AM adalah tes jenis sumatif.
Bagaimana mengecek apakah soal kita sudah bagus ?
Di tingkat nasional, soal itu di uji validitas dan realibilitasnya.
Tapi jika di tingkat sekolah, KLO saya, meminta teman partner mengajar, melihat soal yg saya buat, apakah soal yg saya buat sudah bagus. Atau panggil beberapa siswa , tanya apakah soal ini bisa kamu fahami..dan bisa kamu kerjakan.
Jika mereka senang ,dan bisa mengerjakan soal, dengan soal yg dibuat gurunya, SDH sebuah indikator soal yg kita buat sudah bagus.
Dalam pembelajaran jika kita sudah berpihak pada siswa , maka akan terbawa ketika kita membuat soal untuk anak anak kita, soal soal yg berpihak pada siswa.
Jika anak anak kebingungan . Berarti soal soal harus ditinjau ulang.
Berapa jumlah prosentasi soal AM ?
MI materi kls 456. MTs 789,MA kls X XI XII
20%,30%,50%